Tanda Kampas Rem Harus DiGanti

Tanda Kampas Rem Harus Diganti
Selain memastikan bahwa ban berada pada kondisi yang paling optimal di musim hujan seperti ini, Sobat Honda juga harus memastikan ketebalan kampas rem berada dalam kondisi yang baik. Kampas rem merupakan salah satu komponen vital dalam mobil dan dapat membahayakan keselamatan Sobat Honda apabila tidak dirawat dengan baik. Berikut adalah tanda bahwa kampas rem Anda harus diganti:

Kedalaman Rem
Jika kedalaman rem Anda sudah semakin dalam dan menjauh dibandingkan saat pengereman biasanya, hal ini berarti ketebalan kampas rem sudah mulai menipis dan harus segera dilakukan pergantian.

Rem yang Bergetar
Kampas rem yang sudah mulai terkikis dan menipis ketebalannya akan menimbulkan getaran pada saat Anda melakukan pengereman setelah melajukan mobil dalam kecepatan tinggi. Jika sudah parah, getaran ini akan terasa hingga setir mobil.

Muncul Bunyi Saat Pengereman
Tanda lain yang menunjukkan bahwa kampas rem Anda sudah menipis adalah munculnya bunyi-bunyi pada saat proses pengereman berlangsung. Hal ini disebabkan karena kampas rem yang sudah terkikis hanya menyisakan besi yang akan langsung bergesekan dengan piringan rem dan mengeluarkan bunyi berdecit.

Minyak Rem
Pertanda lain yang menunjukkan bahwa kampas rem Anda telah menipis adalah berkurangnya jumlah minyak rem pada reservoir tanpa adanya kebocoran.

Jika tanda-tanda di atas sudah muncul di mobil Anda, segera lakukan perawatan berkala ke dealer resmi Honda terdekat di kota Anda ya, Sobat Honda! Performa pengereman yang tidak optimal dapat akan membahayakan Anda dan keluarga saat mengendarai mobil jika terus diabaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *